Senin, 07 Juli 2014

cara membuat cdi ac unlimiter

Selama bertahun-tahun sistem pengapian CDI (Capasitor Discharge Ignition) menjadi misteri dalam dunia elektronika otomotif, jika pun ada yang mampu membuatnya, itu hanya replika atau rangkaian yang mendekati. CDI selain misteri dalam rangkaian juga misteri dalam komponen, karena untuk beberapa jenis komponen yang ada dalam built-in CDI pabrikan tidak tersedia dipasaran. Mungkinkah nomor seri komponen diubah oleh pabrikan atau memang pabrikan memiliki blue-print sendiri mengenai komponen dengan nomor seri tertentu? Entahlah, yang jelas sampai hari ini pun masih banyak perusahaan otomotif yang menyembunyikan cetak biru dari komponen CDI. Terlepas dari kontroversi tentang CDI pabrikan, pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi tips dan trik cara membuat sendiri CDI untuk motor bensin berkapasitas kecil. Rangkaian ini telah di coba di lab pribadi dan sampai hari ini masih diujicoba tanpa menemukan kendala berarti. Modul CDI yang akan kita buat, penulis adopsi dari situs siliconchip yang dibuat oleh John Clarke.


Sebelum panjang lebar membahas tentang Modul CDI ini mungkin ada yang bertanya, berapa harga yang dihabiskan untuk membuat Modul CDI ini? Jangan kaget, dengan kualitas rangkaian dan komponen yang hampir sama dengan versi original, kita hanya mengeluarkan dana sebesar kurang dari Rp. 50.000,-, bandingkan dengan Modul CDI original pabrikan yang dibandrol hampir Rp. 500.000,-. Perbedaan harga inilah yang kadang kita pertanyakan dan membuat kita terheran-heran, bahkan logika kita saja kadang tidak bisa membenarkan harga yang dibanderol untuk Modul CDI pabrikan.
CDI merupakan perbaikan besar dalam sistem pengapian magnet. Modul CDI selain mampu memberikan kualitas percikan yang stabil juga mampu menjaga titik poin yang tepat, tahan lama, bebas perawatan, tidak diperlukan penggantian periodik, dan bebas penyetelan.
Salah satu kelemahan CDI adalah bahwa Modul CDI ini tidak bisa bertahan selama-lamanya, mungkin saja gagal bekerja ditengah perjalanan. Kegagalan fungsi mungkin saja berasal kumparan pembangkit (generator coil), koil pengapian (ignition coil), atau mungkin saja dari modul CDI itu sendiri. Dan jika itu terjadi berarti kita harus mempersiapkan dana penggantian yang tidaklah murah.
Modul CDI yang akan dijelaskan dapat digunakan sebagai unit pengganti modul CDI asli pabrikan yang sudah tidak mampu bekerja dengan baik. Modul CDI ini berpadu selaras dengan generator AC yang kemudian memicu koil untuk memberikan tegangan tinggi dan akhirnya memercikan bunga api melalui busi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah terkompresi pada ruang bakar. Sebagian besar sistem pengapian CDI bekerja dengan cara kerja yang sama namun mungkin saja terdapat variasi dalam desainnya. Pada beberapa modul CDI yang tersedia dipasaran ada yang menggunakan metode polaritas terbalik dalam membangkitkan tegangan, dan dalam kasus ini modul CDI yang akan kita buat tidaklah cocok.


Saya sebagai penulis artikel ini tidak bisa menjamin bahwa modul CDI ini mampu bekerja pada semua jenis mesin. Namun, karena modul CDI ini menggunakan komponen murah dan tersedia banyak dipasaran, mungkin anda patut untuk mencobanya dari pada harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk menebus modul CDI original.

Susunan rangkaian yang paling sederhana untuk modul CDI diperlihatkan pada Gambar 5. Tegangan dan lilitan pembangkit (Generator) mengisi kapasitor C1 (dan C2) melalui dioda D1 dan mengalir menuju lilitan primer. Sedangkan D2 seperti dijelaskan diatas digunakan untuk mengalirkan arus balik dari ignition coil setelah kapasitor kosong.

Dua resistor 1mw dirangkai seri pada kedua kaki kapasitor (C1) yang digunakan untuk mengosongkan kapasitor jika SCR tidak nonaktif. Ini digunakan sebagai fitur keamanan yang mencegah kejutan listrik ketika anda menghubungkan kapasitor. Dibutuhkan sekitar 2 detik untuk pengosongan total kapasitar pada kapasitor hingga mencapai nilai aman.
Telah disediakan tempat penyimpanan 2 kapasitor (discharge) pada PCB yang bisa anda unduh pada link dibawah, yaitu untuk posisi C1 dan C2. Kita biasa menggunakan dua kapasitor 0.47mf atau dua kapasitor 1mf. Sebuah kapasitor dengan kapasitas tinggi akan menghasilkan energi percikan yang lebih baik dan lebih besar, asalkan lilitan pembangkit (generator) mampu mengisi kapasitor dengan maksimal dalam waktu yang diperlukan.
Pulser memberikan sinyal untuk memicu SCR. Ketika tegangan positif mengalir dari pulser, maka asupa tegangan akan memicu gate SCR melalui resistor 51 ohm dan dioda D3 (pada gambar rangkaian tertulis D5). D3 mencegah tegangan balik dari gate sedangkan resistor 51 ohm membatasi tegangan yang mengalir ke gerbang agar mengalirkan nilai tegangan aman. Sebuah resistor 1k ohm berfungsi untuk menghubungkan gate ke ground (masa) hal ini untuk mencegah pemicu palsu, sedangkan kapasitor 100nF digunakan sebagai filter noise dan transien yang dapat menyebabkan SCR terpicu pada waktu yang salah.
Sebuah saklar (kill switch) digunakan untuk mematikan generator dengan cara mengalirkan arus ke ground sehingga motor berhenti beroperasi.

Rangkain serderhana pada Gambar diatas sebenarnya sudah mampu bekerja dengan baik, namun tambahan sirkuit mampu meningkatkan kinerja modul CD sehingga lebih konsisten. 
 Dioda D4 ditambakan pada aliran tegangan utama dari Generator sehingga terhindar dari pengaruh tegangan negatif pada lilitan pembangkit hingga kurang dari 0,7 Volt. Tanpa D4, anoda dari dioda D1 dapat terganggu tegangan -350 Volt dari fluktuasi negatif generator. Jika fluktuasi terjadi berarti dioda D1 dapat menerima tegangan lebih dari 700 Volt apabila kapasitor hanya mampu menerima beban +350 Volt.
Jika D1 memiliki kemampuan 1000 Volt, D4 digunakan untuk sebagai pengendali tegangan diatas maksimum yang bisa saja terjadi, sehingga tegangan yang mengalir ke dioda D1 akan stabil pada kisaran 350 Volt, hal ini berarti mengurangi kemungkinan kerusakan pada dioda.
Pemicu pada rangkaian ini juga telah ditingkat melalui dua cara, yaitu:
Pertama, dengan ditambahkan sebuah kapasitor 10mF secara seri pada gate dari SCR. Kapasitor ini mencegah pemicu palsu karena ketidakseimbangan DC dari pulser yang mungkin saja kelebihan positif dari seharusnya karena sisa kemagnetan pada inti lilitan pembangkit. Resistor 1k ohm dipasang paralel pada kapasitor yang digunakan untuk mengosongkan muatan pada kapasitor yang bisa saja muatan sisa tersebut cukup tinggi hingga bisa memicu SCR. Dioda D5 mencegah kapasitor 10mF dari pengisian polaritas terbalik yang datang ketika pulser menghasilkan tegangan negatif.
Kedua, ditambahkan sebuah Negative Temperature Coefficient (NTC) pada gate SCR. Thermistor (nama lain NTC) ini mengurangi resistansi secara bertahap sesuai dengan peningkatan suhu, ini digunakan untuk mengimbangi penurunan kebutuahn picuan pada SCR (baik tegangan dan arus) pada suhu yang lebih tinggi. Secara efektif, thermistor NTC membagi tegangan dengan resistor 51 ohm. Pada suhu 25oC, thermistor adalah 500 ohm sehingga melemahkan sinyal dari kumaparan pemicu hingga 91%. Namun pada suhu 100oC, nilai resistansi thermistor NTC mencapai 35 ohm dan sinyal picu dibagi sebesar 41% dari nilai yang dihasilkan Pulser.
Pengelolan dalam tingkatan sinyal dilakukan untuk menyetel SCR dengan mengurangi tingkatan kebutuhan picu pada temperatur tinggi. Ketika terjadi kenaikan suhu, sinyal akan lemah sebagai konsekwensinya, maka SCR dan pulser bekerja pada tegangan yang sama dalam rentang temperatur yang lebih luas. Tanpa thermistor, SCR akan mengalami perubahan waktu (timing) akibat perubahan suhu.

sekian postingan dari saya, dan nantikan postingan saya selanjutnya.....


118 komentar:

  1. Terima kasih sangat membantu... Punya skema cdi shogun mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada gan cuma agak rumit kalo menurut saya....

      Hapus
    2. mas gak ada skema cdi litmit 7000 rpm buat fiz r

      Hapus
    3. mas minta skema dan bahanya
      teguhpramonojr11@gmail.com

      Hapus
  2. Yg mau pesan Cdi AC
    NOTLIMIT hub 54AD20B0

    BalasHapus
  3. Bagi skema cdi shogun donk mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan via email saja mas tapi agak rumit untuk skema cdi dc

      Hapus
    2. Punya cdi ac yang bisa di saklar limit dan no limit gak mas

      Hapus
  4. Balasan
    1. fiz r bisa langsung di aplikasikan untuk skema di atas soalnya saya juga pake skema di atas untuk motor fiz r saya

      Hapus
    2. Mas bukannya cdi fizr itu ada 2 ground ya. Ground buat pulser beda! Nah klo rangkaian di atas bisa buat fizr dengan satu ground, berati ground pulser di gbung ya,,, pernah dulu aku mau buat simpel kabel cdi dgn menguranginy. Ground pulser aku gbung jadi stu dengan ground satunya, fizr saya kgk hidup. Nmun pisah ground malah hidup... Mohon kiranya ada penjelasan atau skema buat cdi fizr dgn 2 ground beda. Maksih

      Hapus
    3. q pke 1 ground aman gan sampek sekarang.....bisa jadi masalah ground pulser kebalik soal nya pengalaman saya begitu ground pulser kebalik gk mau hidup gan

      Hapus
    4. Saya aplikasikan di difizr sy gada percikan sama sekali..rangkaian dan pengkabelan sudah seperti diatas, apa yang salah y

      Hapus
    5. Tidak mas bro ridak jalan sama sekali di f1zr..kecuali dirubah skemanya baru bisa

      Hapus
  5. gan ada skema cdi ac buat supra x 100 yang limiter nya tinggi

    BalasHapus
  6. Bang kapasitor 100 nanofarad dan 10 nanofarad pake yang berapa volt?

    BalasHapus
  7. Mas ada skema cdi fizr...

    Ato gak skema tci buat sgala motor ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cdi fiz R bisa pake skema di atas gan.....silahkan di coba

      Hapus
    2. Sudah saya coba gan di f1zr tapi g keluar api

      Hapus
  8. mas itu cdi jenis ac bukan

    BalasHapus
  9. Ada skema TCI untuk motor gk ?

    BalasHapus
  10. Bagi donk gan skema tci nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada email nggak nanti tak kirim lewat email aja

      Hapus
    2. Wah makasih banget ni gan

      Ridwanlonea@gmail.com

      Hapus
    3. silahkan di cek emailnya gan....skema udah tak kirim ke email

      Hapus
    4. Kirimin skemanya mas. Khafidzmahendra1@gmail.com

      Hapus
    5. mas bagi skemanya jg dong buat saya, mau ta coba di f1zr sy?. email di hutamall31@gmail.com

      Hapus
  11. Iya gan. Udah ad fotonya. Makassih gan, ditunggu y tread yang lain

    BalasHapus
  12. Mas bisa minta daftar komponennya,soalnya masih agak binggung...trims

    BalasHapus
  13. Yang cdi Grand dengan yang pake scr bt 151...

    BalasHapus
  14. Yang cdi Grand dengan yang pake scr bt 151...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di atas bisa di aplikasikan untuk semua motor yg masih menggunakan pengapian sistem ac gan dan udah lengkap semua sama daftar komponen nya

      Hapus
  15. Gan bagi skema CDI DC yang no limit dong.. trims sbelumnya..

    BalasHapus
  16. Min maaf sebelumnya. Mohon ditulis list komponennya biar lebih jelas dan detail. Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih masukan nya gan moga bermanfaat

      Hapus
    2. Bisa kirim gambar yang HD min lewat email (ibnusatriaapriansa@gmail.com)
      Soalnya pecah tuh gambar skema di hp ane. Terima kasih

      Hapus
    3. sudah gan silahkan di cek emailnya

      Hapus
    4. Kalo ada skema sama layout nya
      Asssyamsu31@gmail.com

      Hapus
  17. nyari BT 151 nya susah kang.. area grobogan purwodadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pake 2p4m kang sebagai gantinya yang penting jenis thirystors/scr dan kaki nya sama

      Hapus
    2. Kalo ntc nya ukuran nya berapa mas

      Hapus
  18. saya mau buat aplikasikan ke yamaha sigma double starter ... di skema ada 5 kabel sementara cdi aslinya ada 7 kabel ... bagaimana aplikasinya , mohon penjelasannya ... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang CDI asli punya 7 kabel itu sebenarnya hanya kabel masa........akan ketahuan jika punya alat ukur multimeter

      Hapus
    2. untuk resistor 51 ohm diganti dengan 510 ohm apakah berpengaruh ?

      Hapus
  19. Ada skema un cdi dc gk kang? Klo ada krin via email rojabulkhamid@gmail.com

    BalasHapus
  20. Maaf om, link untuk download skema pcb ny di Mana yah, atau kalo boleh bisa di kirim via email, urankampung@gmail.com@gmail.com
    Terima kasih om sebelum ny

    BalasHapus
  21. Maaf om, link untuk download skema pcb ny di Mana yah, atau kalo boleh bisa di kirim via email, urankampung@gmail.com
    Terima kasih om sebelum ny

    BalasHapus
  22. mas punya skema cdi fis r ga y?tlg bls lewat wa aja 087830955550

    BalasHapus
  23. skema di atas bisa di aplikasikan untuk FIZ R mas

    BalasHapus
  24. Mas kalo buat cdi rx king jadi limiter di putaran bisa ya? Supaya bisa sama kayak yamaha vixion dan new cbr 150r diputaran atas bisa jadi limiter.. Makasih.. Email saya.. aliungm9@gmail.com

    BalasHapus
  25. Sya mau tanya. .gimana caranya cdi ac limiter di bawah 8000rpm.trima kasih

    BalasHapus
  26. Sya mau tanya. .gimana caranya cdi ac limiter di bawah 8000rpm.trima kasih

    BalasHapus
  27. mas kalo cdi di bawa jarak kurang lebih 200meter mati dan di diemi sebentar hidup lagi? komponen apanya yang perlu diganti. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek puser biasane udh setengah soak kalo tipe cdi dc bisa juga dari kiprok

      Hapus
  28. Boss mau tanya kalau Vega ZR 2010, CDI sering jebol kenapa ya? Padahal setiap ganti saya belikan ori merk Moric 5D9

    Best regards

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek kelistrikan nya dulu mulai dari suplay bateray sama kiprok nya

      Hapus
  29. Gan boleh minta skema nya... sama rincian komponennya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. di atas sudah lengkap mas skema sama daftar komponen nya

      Hapus
  30. Punya skema cdi yang Ada limit, tapi limitnya bisa di on off kan

    BalasHapus
  31. mas ini komponen nya apa aja mas ??

    BalasHapus
  32. ijin download mas... moga bisa di aplikasikan di Force1. cdi original mati ganti di pasaran imitasi rpm g mau tinggi.
    bisa bantu cari BT151 atau sejenisnya mas? Batang jateng gak ada. my number 085226772326 suwun sebelumnya

    BalasHapus
  33. Om,punya skema cdi rx biar jadi limit??

    BalasHapus
  34. mas, fungsi dari resistor 1M di pasang seri di kaki kapasitor buat apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembuang tegangan sisa di kapasitor

      Hapus
    2. Klo langsung pke 2M bisa ga boss ..?

      Hapus
    3. Bang fahrian boleh mintah skema buat ruba cdi rc 3kabel dibikin tambahan kabel pulser apa aja komponen yang perlu buat tambahan dan cara rangkainya gimana.
      Makasih bang.
      Di tunggu kabarnya

      Hapus
  35. Mas, untuk resistor 1M,1K,dan 51Ohm berapa watt ya?
    Terima kasih sebelumnya....

    BalasHapus
  36. Mas kalau untuk vega lama bisa gak..kalau bisa tlng share skemanya ke email saya.sisw383@gmail.com
    Trima ksh sukses sll buat mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. vega nya masih pake spul CDI nggak mas...??? kuatir nya cdi nya udah DC

      Hapus
  37. Mas kalau buat cdi untuk blayer limiter gimna ya mohon penjelasannya makasih

    BalasHapus
  38. sip bagus bangat buat para pelajar semoga artikelnya bisa berlanjut

    BalasHapus
  39. misi bang mau tanya boleh minta skema diatas yg tidak blur gak yah,?
    skema tci yg power full punya gak mas klo puny aku mau mas,,
    sekalian nanya mas klo spul gulu ulang itu kerennya di kurangin gak mas klo dari keren spul platina jadi ke spul cdi,,kira2 klo dikurang itu berapa banyak mas yg harus buang kerennya?

    BalasHapus
  40. Baru baca nih..... Boleh dong minta gambar tci dan nama2 tiap komponennya besera ukuranya,
    pengen coba bikin (dikdikseptiana80@gmail.com)

    BalasHapus
  41. Bolehkah saya minta kirimkan skema lay out dan komponen bahannya mas, kebetulan motor saya f1zr kluaran 2001,bila benar ini bisa diaplikasikan kemotor saya. email Amangbana777@gmail.com nb gambarx,, blur di hp saya. Terimakasih, salam dari banjarmasin kalimantan selatan

    BalasHapus
  42. ada skema cdi rx king limiter 7000 s/d 9000 rpm mas. . klo ada kirim ke ahmad.triirawan@gmail.com

    BalasHapus
  43. Ada skema cdi rx limit 7000 rpm gk bosku

    BalasHapus
  44. pakek capasitor ukuran brapa

    BalasHapus
  45. Skema dan nma2 komponen krim email rivadi14@gmail.com

    BalasHapus
  46. Bang cara buat cdi fis r ngelimit atau limit nya rendah gimana

    BalasHapus
  47. bang, bagi email nya dong. mau nanya skema buat cdi vespa

    BalasHapus
  48. Minta skema cdi ac no limit mas

    BalasHapus
  49. Minta skemanya om, kangrindi@gmail.com

    BalasHapus
  50. Om buat CDI limiter skemanya bagaimana ya

    BalasHapus
  51. Mas ,boleh minta layot cdi F1

    BalasHapus
  52. Mas, boleh mnt yg u/ jupiter Z?

    BalasHapus
  53. Mas klo buat Vega r lama bs ga?

    BalasHapus
  54. Cdi untuk rx ad bang bki klo ada

    BalasHapus
  55. Klo jalur limiter d mmn bang ?

    BalasHapus
  56. andysupriyafi140390@gmail.com..


    Saya tunggu kabarnya di email ya mas

    BalasHapus
  57. Kirim skema cdi buat rx king yg pake scr bt 151��

    BalasHapus
  58. Kirim skema cdi buat rx king yg pake scr bt 151��

    BalasHapus
  59. Mas bisa minta skema CDI AC yg limit motor RX king

    BalasHapus
  60. Nilai ntc nya berapa bang,500ohm at 25°???

    BalasHapus