Bagi para penunggang satria FU yang uang jajan minim, tapi pingin motornya lebih garang. Silahkan ikuti step-step ini:
- Pilot jet naikan ukuran 1-2 step, misal dari 12,5 jadi 15 atau 17,5.Pilot jet pengaruh untuk start awal,
pilot jet berguna menyumplai bahan bahan bakar untuk 0 - 1/4 throttle.
Penambahan ukran Pilotjet juga berguna untuk Mengurangi gejala knalpot nembak
seperti yang telah dibahas pada postingan sebelumnya. Peningkatan ukuran pilot jet jangan terlalu besar
nanti boros dan karburator bisa mengembun karena bensin banyak tapi udara cuma seadanya.
Alias campuran terlalu kaya (rich) - Main jet naikin ukuranya 2-3 step. Misalnya dari 115 jadi 130 Penjelasnnya :
karena mainjet paling efektif untuk 3/4 - full throttle alias gas dibuka full. Yang tujuannya
adalah untuk mempersingkat mencapai Top speed karena suplly BBM optimal. - Naikan klip jarum skepnya 1-2 tingkat. Pada 1/4 - 3/4 throttle (hitung dari putaran grip di setang)
yang bekerja ada jarum skep. Jadi posisi jarum memerlukan perhatian khusus juga. - Buka Filter udara dan diganti pake after market kaya K&;N atau yang produk lain (TDR dll)
supaya angin lebih banyak masuk tapi debu tetep terperangkap di filter. - Setting lagi Air Screw.Caranya putar air screw, searah jarum jam sampai mentok,
lalu putar lg ke kiri sampai dapat rpm tertinggi, lalu baru atur gasnya turunin jd 1400 rpm ,
biasanya dapat 1 - 1 1/2 putaran counter clockwise. - Gear (sprocket) belakang kurangi 2 atau 1 mata, mis dari 43 menjadi 41 atau 42 mata..
atau gear depan ditambah 1 mata.efeknya Tarikan jadi sedikit lambat tapi top speed akan bertambah..
Tapi bagi yang motornya stop and go, lompati langkah ini. - Kompresi Satria F150 sudah relatif tinggi 10,2 : 1 , jadi emang mesti pake BBM oktan tinggi
(pertamax plus atau Pertamax). Kalo oktan terlampau rendah, efek mesin bisa knocking alias ngelitik..
kalo tetap dipaksakan maka komponennya, piston, Klep umur pakai lebih pendek.
Jangan takut bagi yang masih tetep pengin pakai Bensin Biasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar